Tinjau Pameran Pemberdayaan Masyarakat IMKM

Ulang Tahun RPSN, Wakil Wali Kota Bekasi: Budaya Harus Dilestarikan
Oktober 13, 2021
KemenKopUKM Bantu Modal Pedagang Terdampak Bencana Kebakaran Pasar Bawah
Oktober 13, 2021
AMBON, jurnal-idn.com – Usai memimpin rapat kerja, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meninjau pameran pemberdayaan masyarakat Indutri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) di Lobby Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Maluku, Rabu (13/10/2021). 
 
Produk yang dipamerkan dalam program tersebut  merupakan bagian dari program pengurangan kemiskinan ekstrem yang dilakukan di 5 kabupaten prioritas di Provinsi Maluku. 
 
Salah satu program yang ditinjau adalah penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Maluku Tengah yang dilaksanakan untuk wilayah off-grid (tanpa listrik PLN) dan wilayah on-grid(yang telah tersedia listrik PLN). Penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem tersebut merupakan program penting mengingat penyebab utama kemiskinan dan ketimpangan adalah tidak tersedianya akses terhadap infrastruktur dasar yakni listrik, air bersih dan sanitasi.
 
 
Untuk wilayah off-grid di Kabupaten Maluku Tengah program penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem diinisiasi oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di mana Wapres Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketua. Program ini merupakan mekanisme kemitraan dengan dunia usaha dan masyarakat yang menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 
 
Inti program kemitraan ini adalah menyediakan listrik tenaga surya (LTS) bagi rumah tangga miskin ekstrem dan dilanjutkan dengan pemberdayaan masyarakat.
 
MAISURA YASMINE – MULIA GINTING
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *