Prabowo dan Ganjar, The Next Suksesor Jokowi?

Indonesia Tak Masuk Lagi Jajaran 300 Koperasi Besar Dunia
Desember 3, 2022
MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Siap Beroperasi Segera
Desember 3, 2022

By Luther Kembaren

JAKARTA, jurnal-idn.com – Dua figur yang  dinilai pas meneruskan suksesi Jokowi di 2024 adalah Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan dan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Dari sejumlah pernyataan di media massa, Jokowi menyinggung sosok, gambaran, atau ciri-ciri yang dijagokan mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Misalnya, pernyataan tentang rambut putih dan kulit berkerut, yang dapat dipahami publik mengarah pada dua sosok itu.

Kepentingan Jokowi akan suksesornya yakni, dapat melanjutkan sejumlah program Nawacita yang belum tuntas. Misalnya, menyelesaikan Food Estate, yang dipimpin Prabowo Subianto selaku Menhan atau proyek Ibu Kota Nusantara (IKN), pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Prabowo Subianto dianggap pas meneruskan program Jokowi karena berada di kabinet sejak 2019. Sehingga nantinya bila memenangkan kontestasi, maka diharapkan program yang telah dimulai Jokowi dapat berkesinambungan dengan program the next presiden di 2024.

Sedangkan Ganjar Pranowo, meski tidak masuk dalam kabinet Jokowi, tapi antara keduanya memiliki kesamaan pandangan ideologis di PDI Perjuangan. Sehingga diharapkan dapat menuntaskan sejumlah program Jokowi yang belum rampung.

‘Terbengkalai’

Sedangkan figur mantan Gubernur DKI 2017-2022, berkaca pengalaman di DKI Jakarta, dinilai antitesis atau kontra Jokowi. Sejumlah program di DKI yang semestinya dilanjutkan, justeru “terbengkalai”, misalnya, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, yang kembali kumuh.

“Pengalaman” DKI Jakarta ini, tidak diinginkan terulang terhadap sejumlah program Jokowi yang belum tuntas. Sebab, ini akan berimplikasi pada sejumlah pihak, terutama investor, yang wait and see, untuk berinvestasi di IKN atau pun Food Estate.

Lalu, apakah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang nantinya duet sebagai capres dan cawapres atau dua sosok ini akan menjadi rivalitas di Pilpres 2024? Ini akan ditentukan oleh partai politik peserta Pemilu 2024.

Siapapun nanti yang terpilih, kepentingan Jokowi memastikan sejumlah legacy-nya diteruskan sosok yang dinilai memahami capaian atas keberlanjutan program jangka panjang yang sudah dimulai sejak 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *