Menag: Jangan Ada ASN Kemenag Miliki Sikap Berbeda dengan Pemerintah

Dokter Pribadi Maradona Diduga Lakukan “Pembunuhan Tak Sengaja”
November 30, 2020
Mahasiswa UI Sumbang Tempat Sampah Untuk Bekasi
November 30, 2020
CIPANAS, jurnal-idn.com — Kementerian Agama (Kemenag) merupakan bagian dari pemerintah. Karenanya Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan ASN Kemenag sebagai alat negara tidak boleh memiliki sikap yang berbeda dengan pemerintah.
 
“Saya ingatkan selalu, Kemenag bagian dari pemerintah. Jadi jangan sampai ada individu (ASN) di Kemenag yang memiliki sikap berbeda dengan  pemerintah,” kata Menag, di Cipanas, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). 
 
Hal itu ditegaskan Menag terkait dengan sikap moderasi beragama yang saat ini telah menjadi ruh kebijakan pemerintah di bidang keagamaan. “Saya yakin saat ini ASN Kemenag telah paham dan menjalankan moderasi beragama ini,” kata Menag.
 
“Saya sudah banyak menyaksikan ini banyak dilakukan oleh ASN kita. Terakhir saya saksikan moderasi beragama saat kemarin berkunjung ke NTT,” ungkapnya.
 
Menag berkisah, dalam kunjungannya ke NTT beberapa hari lalu, dia meresmikan Gedung Asrama Haji Antara Kupang. 
 
Kegiatan Sosial
 
“Saat itu, saya ingin menyampaikan, bahwa asrama tidak hanya dapat digunakan oleh umat islam, tapi juga kegiatan sosial oleh umat agama yang lain,” tutur Menag.
 
“Belum sempat saya sampaikan, ternyata mereka sudah melakukan. 40 mahasiswa Papua yang notabene kristen dan merupakan mahasiswa IAKN tinggal di asrama haji tersebut. Ini praktik Moderasi Beragama yang membahagiakan,” ujar Menag. 
 
“Saya enggak pernah beri arahan langsung, tapi mereka sudah otomatis saja. Ini sesungguhnya yang sebenarnya sudah (lama) terjadi di masyarakat kita,” sambung Menag. 
 
Bahkan dari NTT, Menag memperoleh oleh-oleh sajadah tenun khas Kupang. “Mereka buatkan sajadah dan menyerahkan kepada saya, itu dibuat oleh ibu-ibu pemayoritaskristen,rajin UMKM yang mayoritas Kristen,” kata Menag. 
 
MULIA GINTING
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *